Senin, 09 April 2012

wawancara luca valdesi

Sumber Informasi Dan
Komunikasi Karate-Ka
Perguruan Inkanas Mojokerto
INKANAS INKANAS Karate Karate
Mojokerto Mojokerto
‹ › Beranda
Lihat versi web
SENIN, 23 JANUARI
2012
WAWANCARA DENGAN
JUARA DUNIA KATA
PERORANGAN WKF (LUCA
VALDESI)
Sarah Amos (SA):
Bisakah Anda
jelaskan bagaimana
Anda bisa memulai
ikut latihan karate?
Luca Valdesi (LV): Saya
memulai latihan karate karena
ikut ayah saya dan juga
paman. Mereka adalah
karateka pemegang Dan, dan
akhirnya itu menjadi tradisi
(untuk ikut karate) di dalam
keluarga saya.
SA: Seberapa
penting penekanan
latihan Anda secara
normal di dojo,
tanpa karena akan
mengikuti sebuah
turnamen?
LV: Setiap hari saya selalu
latihan, dan saya selalu
berusaha untuk memberikan
yang terbaik. Itulah pemikiran
saya tentang karate.
SA: Anda adalah
salah satu karateka
yang sangat diakui
sebagai salah satu
yang terbaik di
dalam turnamen-
turnamen dunia.
Apakah Anda
mempunyai
kenangan dalam
pertandingan yang
membuat Anda susah
melupakannya?
LV: Ya. Waktu pertama kali
saya memenangkan Kejuaraan
Nasional tahun 1995. Waktu
itu saya berumur 18 tahun
dan memenangkan kategori
kelas Kata yang diikuti oleh
kategori kelas Kata untuk
umur 25-31 tahun. Selain itu
ketika saya memenangkan
pertama kalinya Kejuaraan
Eropa tahun 2000. Padahal
saat itu saya tidak tahu saya
harus ikut kompetisi
perorangan, dan itu terjadi
sehari sebelum kejuaraan
berlangsung, serta akhirnya
saya menang! Terakhir ketika
saya memenangkan kelas Kata
perorangan putera dan Kata
beregu di Kejuaraan Dunia
tahun 2004. Semua itu
membekas dalam ingatan saya.
SA: Untuk
menghadapi
kejuaraan-
kejuaraan besar,
persiapan apa yang
dilakukan, apakah
mempersiapkan
selama berbulan-
bulan dan bagaimana
dengan malam hari
sebelum kejuaraan?
LV: Persiapan saya berubah,
ketika kejuaraan sudah
semakin dekat, dengan cara
lebih memfokuskan ke teknik.
Malam sebelum kejuaraan,
saya biasanya tidak
melakukan apapun. Saya
berfikir tentang hal lain, dan
bersikap relaks saja.
SA: Anda tidak saja
mengikuti kelas
perorangan, tapi
juga kelas beregu.
Bagian apa yang
paling penting dalam
latihan untuk
mempersiapkan diri
dalam kelas beregu?
LV: Bagian yang paling penting
dalam latihan beregu adalah
ritme, dimana itu yang
penting dalam menampilkan
Kata beregu secara bersama.
Itu paling penting, sebab itu
kita beregu harus dalam level
yang sama.
SA: Membaca biografi
Anda dalam web,
Anda mendapatkan
semua kesuksesan
itu melalui cara
sederhana, melalui
mimpi-mimpi Anda.
Apa yang Anda
pikirkan bahwa itu
akan terus menjaga
Anda dalam
permainan level top?
LV: Saya pikir itu penting
untuk menjangkau target
kita. Ketika saya kecil, saya
bermimpi untuk menjadi yang
terbaik. Hari ini, ternyata
yang terbaik bukan hanya
yang bisa mencapai
kemenangan. Yang terbaik
adalah yang bisa menjaga
kemenangan itu dan mencapai
tujuan-tujuan dan target kita
sendiri.
SA: Bagi orang yang
pernah melihat Anda
bermain Kata, tubuh
Anda itu tinggi.
Apakah Anda sendiri
merasa kesulitan
dengan ukuran
tinggi Anda? Juga
bagaimana Anda
membuat bermain
Kata menjadi terasa
nyaman untuk tipe
tubuh Anda?
LV: Ya itu dulu menyulitkan
saya. Namun, seiring
berjalannya waktu, saya
mempelajari bahwa karate
adalah seni beladiri, dan seni
adalah harmoni antara tubuh
dan jiwa. Dan jika Anda
memahami ini, maka Anda
akan menemukan jalanmu
sendiri.
SA: Satu lagi, di
dalam bermain Kata,
Anda secara
mengesankan telah
memperlihatkan
kecepatan dan
kekuatan sama
baiknya baik di kaki
maupun tangan
Anda. Jenis latihan
apa yang Anda
lakukan untuk
mengembangkan itu?
LV: Itu adalah rahasia saya.
SA: Beberapa orang,
dalam latihan untuk
mengembangkan
kecepatan kaki atau
tangan
menggunakan alat
pemberat. Apakah
Anda juga
menggunakan
peralatan itu?
LV: Tidak, saya lebih
menggunakan tubuh saya.
SA: Seberapa
penting Anda
menjaga gerakan
Kata tetap dalam
prinsip-prinsip
dasar? Sepanjang
waktu Anda melihat
para kompetitor
mengubah beberapa
bagian Kata supaya
lebih untuk membuat
mereka lebih terlihat
cepat dan indah.
Apakah Anda
menghindari hal ini
atau bahkan Anda
sendiri telah
melakukannya?
LV: Saya berusaha untuk
menjaga prinsip-prinsip dasar
Kata. Tapi penting untuk
memahami bahwa waktu telah
berubah. Di dalam olahraga,
metode latihan dan
penampilan telah berubah. 20
tahun yang lalu, lari itu
berbeda, dan rekor sangat
rendah. Begitu juga dengan
karate, waktu telah berubah.
SA: Siapa orang yang
mau Anda Katakan
sebagai rival
terberat dalam
kejuaraan?
LV: Saya akan jawab
pertanyaan ini setelah
kejuaraan dunia.
SA: Anda telah
memproduksi video
karate berseri.
Apakah Anda yakin
Kata yang Anda
mainkan telah
menghormati warisan
karate itu sendiri?
LV: Saya pikir video-video
saya adalah cara yang bagus
untuk semakin memperbaiki
penampilan Kata, dan itu
berguna.
SA: Siapa pelatih
yang telah
memberikan
pengaruh terbesar
bagi Anda?
LV: Ayah saya, dia telah
memberikan pengaruh
terbesar dalam karate saya,
dan sampai sekarang.
SA: Apa yang Anda
akan lakukan di
masa depan, setelah
Anda pensiun dari
karate?
LV: Saya tidak tahu pasti.
Namun saya berencana keliling
dunia dengan menghadiri
seminar dan pelatihan khusus
karate, baik bagi pelatih atau
atlet.
SA: Apa Kata favorit
Anda dan mengapa?
LV: Kata favorit saya adalah
Unsu dan Gankaku. Kata yang
pertama (Unsu) karena
sangat cepat dan Kata yang
spektakuler. Kata yang kedua
(Gankaku), karena merupakan
Kata yang paling sulit dalam
Shotokan sebab membutuhkan
keseimbangan dan konsentrasi
yang tinggi, baik tubuh dan
pikiran.
SA: Saya hanya
mengucapkan terima
kasih sebesar-
besarnya karena
telah meluangkan
waktu untuk
wawancara ini. Saya
pikir Kata-Kata Anda
akan memberikan
manfaat yang besar
bagi para pembaca.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar